Rasional
Media
yang mengarah ke rasional yang berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan
masyarakat, akan memberikan tekanan atau manfaat baginya untuk menerima berita
yang diinformasikan / dikomunikasikan.
Humor
Atau Jenaka
Penampilan
humor atau jenaka merupakan strategi mencapai sasaran komunikasi grafis
komunikasi untuk
memicu
perhatian terhadap yang dikomunikasikan
Rasa
Takut
Rasa
takut lebih efektif digunakan untuk memperbaiki motivasi
Tujuan :
Mengindentifikasi konsekuensi negatif jika menggunakan produk. seperti perilaku
yang tidak aman, misalnya minum-minuman keras, merokok, menilpon sambil nyetir
mobil, merusak lingkungan, dan sebagainya.
Patriotik
Tampilan
visual patriotik (hero) kadang dihadirkan untuk menambah rasa kepercayaan
masyarakat terhadap berita yang diinformasikan
/ dikomunikasikan.
Kesalahan
Tujuan
media yang bersifat kesalahan ini agar audience (masyarakat) yang melihatnya/ membacanya
bisa memperbaiki adegan/ berita kesalahan yang diinformasikan/dikomunikasikan.
Kaidah
Kaidah
biasanya hubungannya dengan aturan-aturan yang tidak menyinggung suku, adatistiadat,
ras, dan agama (SARA). Unsur ini sangat riskhan dan harus berhati-hati, agar
media grafis yang diciptakannya tidak terjadi kesalah pahaman di dalam masyarakat.
Simbol
Simbol
adalah tanda yang mempunyai hubungan dengan obyek yang mempunyai peraturan yang
sifatnya umum. Simbol merupakan jembatan menginterpetasikan (mengartikan) suatu
obyek kepada orang lain sesuai dengan pengalamannya.
Pengandaian
Pengandaian
merupakan harapan atau angan-angan ke depan sebuah tujuan. Pengandaian merupakan
sebuah impian yang seakanakan menjadi kenyataan.
Emosional
Sebagian
masyarakat tertarik pada berita yang diinformasikan/dikomunikasikan melaui pendekatan
emosional dengan perasaan si penghayat yang mengesampingkan akribut dari lembaga
yang menginformasikan. Teknik emosional lebih mengena dan membuat penasaran, khususnya
masyarakat yang merasa lebih maju.
Semoga Bermanfaat