Macam-macam Tema ( Pesan Iklan Poster atau Gambar) pada Desain Grafis - Ananta Tekno

News

Ananta Tekno

#BelajarDuluBaruMulai

Follow

Seputar Dunia Investasi dan Pendidikan

Senin, 20 April 2020

Macam-macam Tema ( Pesan Iklan Poster atau Gambar) pada Desain Grafis



Rasional
Media yang mengarah ke rasional yang berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan masyarakat, akan memberikan tekanan atau manfaat baginya untuk menerima berita yang diinformasikan / dikomunikasikan.



Humor Atau Jenaka
Penampilan humor atau jenaka merupakan strategi mencapai sasaran komunikasi grafis komunikasi untuk
memicu perhatian terhadap yang dikomunikasikan



Rasa Takut
Rasa takut lebih efektif digunakan untuk memperbaiki motivasi
Tujuan : Mengindentifikasi konsekuensi negatif jika menggunakan produk. seperti perilaku yang tidak aman, misalnya minum-minuman keras, merokok, menilpon sambil nyetir mobil, merusak lingkungan, dan sebagainya.




Patriotik
Tampilan visual patriotik (hero) kadang dihadirkan untuk menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap berita yang  diinformasikan / dikomunikasikan.



Kesalahan
Tujuan media yang bersifat kesalahan ini agar audience (masyarakat) yang melihatnya/ membacanya bisa memperbaiki adegan/ berita kesalahan yang diinformasikan/dikomunikasikan.




Kaidah
Kaidah biasanya hubungannya dengan aturan-aturan yang tidak menyinggung suku, adatistiadat, ras, dan agama (SARA). Unsur ini sangat riskhan dan harus berhati-hati, agar media grafis yang diciptakannya tidak terjadi kesalah pahaman di dalam masyarakat.




Simbol
Simbol adalah tanda yang mempunyai hubungan dengan obyek yang mempunyai peraturan yang sifatnya umum. Simbol merupakan jembatan menginterpetasikan (mengartikan) suatu obyek kepada orang lain sesuai dengan pengalamannya.




Pengandaian
Pengandaian merupakan harapan atau angan-angan ke depan sebuah tujuan. Pengandaian merupakan sebuah impian yang seakanakan menjadi kenyataan.


Emosional
Sebagian masyarakat tertarik pada berita yang diinformasikan/dikomunikasikan melaui pendekatan emosional dengan perasaan si penghayat yang mengesampingkan akribut dari lembaga yang menginformasikan. Teknik emosional lebih mengena dan membuat penasaran, khususnya masyarakat yang merasa lebih maju.



Semoga Bermanfaat